Rabu, 19 Februari 2014

PUISI ANDAI AKU MENJADI KELAPA



Andai Aku Menjadi Kelapa Muda
karya Desy Aryanti

Andai aku menjadi kelapa muda
Ketika terik mentari menghangatkan bumi
Tetesan keringat membanjiri badan
Kerongkongan mulai tandus
Suara perut yang bergejolak
Ketika itu
Semua mata akan tertuju padaku 
Aku yang berwarna hijau segar
Aku yang berbentuk bulat
Aku menggantung pada pohon menjulang tinggi
Akulah kelapa muda
Aku yang akan memberikan kesegaran
Bagi setiap jiwa yang kehausan



Andai Aku Menjadi Kelapa Tua
karya Desy Aryanti

Andai aku menjadi kelapa tua
Aku akan sangat berguna bagi manusia
Aku dapat diolah menjadi beraneka makanan
Aku dapat diolah menjadi berbagai kerajinan
Akulah kelapa tua
Aku berwarna kecoklatan
Aku berbentuk bulat
Ketika sudah masanya
Aku akan jatuh ketanah
Manusia akan mengambilku 
Aku akan diolah
Menjadi berbagai bentuk
Bisa makanan atau kerajinan tangan
Ketika aku tidak diambil
Dan dibiarkan terus diatas tanah
Maka aku akan tumbuh
Menjadi tunas kelapa
Aku akan tumbuh
Menjadi pohon kelapa


  

Andai Aku Menjadi Janur
karya Desy Aryanti

Jika aku menjadi janur
Aku akan sangat bermanfaat
Jika lebaran datang
Orang-orang akan menyerbuku
Ketupat lebaran
Disandingkan opor ayam
Hemm lezat sekali 
Jika ada pernikahan
Ataupun khitanan
Aku akan dibuat kembar mayang
Ataupun mayang sari
Ya, itulah aku
Janur kuning




Andai Akau Menjadi Pohon Kelapa
karya Desy Aryanti

Berderet rapi menghijau sepanjang pantai

Tinggi langsing meliuk melambai-lambai

Itulah pohon kelapa, tumbuh subur di bumi permai



Memanjang bagai pedang bentuk daunnya

Dipetik dan dianyam orang untuk atap rumahnya

Diatur dengan rapi, atap rumbia namanya



Daun yang muda, janur sebutannya

Dibuat sebagai hiasan, memeriahkan pesta

Untuk kulit ketupat, bila lebaran telah tiba



Di tengah daunnya terdapat lidinya

Panjang lentur, kuning cokelat warnanya

Untuk sapu lidi, dijual di mana-mana

  

Buah kelapa bulat seperti kepala

Diparut dan diperas, diambil santannya

Diolah menjadi sayur, aneka hidangan untuk keluarga



Kelapa muda lunak dan lembut rasanya

Dicampur es dan sirup, siapa pun menyukainya

Dibuat sayur urap, nikmat mengundang selera



Kulit luar yang keras, tempurung sebutannya

Coba manfaatkan untuk berbagai benda yang berguna

Hiasan dinding, gayung, sendok sayur atau apa saja



Tempurung terbungkus bagian lain, sabut namanya

Jangan lupa, sabut pun ada gunanya

Untuk sapu, keset, silakan sebut yang lainnya



Batang kelapa kokoh dan kuat sekali

Untuk jembatan melintasi sungai dan kali

Sebagai tiang rumah, banyak dipakai kaum petani



Sungguh besar kegunaan pohon kelapa

Karena itu harus tetap dirawat dan dijaga

Agar dapat tumbuh dan berkembang dengan suburnya



Terima kasih ya Allah

Atas segala nikmat yang Engkau berikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar