RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MARGOREJO
Satuan Pendidikan : SD N 2 Margorejo
Kelas/ Semester :
IV/ I
Tema/ Subtema : 2. Selalu Berhemat Energi/ 3. Gaya dan Gerak
Alokasi Waktu : 1
x pertemuan (1 JP x 30 menit)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah,
dan tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator
Ilmu Pengetahuan Alam
Kompetensi Dasar
3.3
Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan, serta
mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
4.3
Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik
Indikator
·
Menjelaskan
tentang hubungan antara gaya dan gerak setelah melakukan percobaan.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.5
Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan
persekutuan terkecil (KPK)
4.1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan
memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan
FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di
rumah, sekolah, atau tempat bermain, serta memeriksa kebenarannya
Indikator
·
Menjelaskan
konsep yang berhubungan dengan KPK
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya, dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,
gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
·
Menceritakan
pengalaman mengenai gaya dan gerak dengan menggunakan kosakata baku
C.
Tujuan Pembelajaran
·
Dengan kegiatan eksplorasi menggerakkan
benda-benda di sekitar sekolah, siswa mampu mengidentifikasi pengaruh gaya
terhadap gerak dengan tepat.
·
Dengan kegiatan eksplorasi, siswa mampu
menjelaskan konsep KPK dengan benar.
·
Dalam tulisan yang dibuatnya, siswa mampu
menceritakan pengalamannya mengenai gaya dan gerak dengan menggunakan kosakata
baku.
D. Materi Pembelajaran
a. Gaya dan Gerak
Benda
b. Konsep KPK
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
a.
Pendekatan : Scientific
b.
Metode : Ceramah, penugasan, diskusi dan demonstrasi
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
Media
dan Alat
a.
Benda-benda
di lingkungan kelas dan di sekolah.
b.
Alat
tulis
c.
Laptop
d.
Infocus
e.
Buku
siswa
Sumber Belajar
·
Buku guru Kurikulum 2013 kelas IV halaman 97-100
·
Buku siswa Kurikulum 2013 kelas IV halaman
70-75
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
1. Guru membuka pelajaran dengan
memberikan salam “Assalammu’alaikum Wr.Wb.” dan menanyakan kabar siswa “Apa
kabar anak-anak?”, serta mengondisikan kelas (memeriksa kehadiran siswa,
merapikan tempat duduk, mengecek kerapihan siswa dan kebersihan kelas.)
2.
Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan
pembelajaran inti.
Menyanyikan lagu “Ada Sepeda”
Kring kring kring ada
sepeda
Sepedaku roda dua
Kudapat dari ayah
Karena rajin bekerja
Menanyakan kepada siswa “siapa
yang berangkat ke sekolah naik sepeda?”, “kenapa roda sepeda bisa bergerak?”.
3.
Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
4. Guru menjelaskan kegiatan hari ini yang
akan mereka lakukan adalah praktik berbagai gaya dan gerak, tujuan yang akan
dicapai adalah mengetahui hubungan gaya dan gerak serta menjelaskan konsep
KPK.
|
5 menit
|
KEGIATAN INTI
Mengumpulkan informasi
|
1.
Guru mengajak siswa untuk membuka dan
menutup pintu, mendorong, dan menarik meja, serta meremas selembar kertas,
seperti yang diilustrasikan pada buku.
2.
Guru mengusahakan agar seluruh siswa
mendapat kesempatan melakukan kegiatan.
|
20 menit
|
Menanya
|
3.
Siswa menjawab pertanyaan di buku dan
mereka diminta untuk mendiskusikan jawabannya dengan teman sebelahnya.
4.
Guru memberikan penguatan terhadap
jawaban siswa.
|
|
Mengolah
informasi
|
5.
Siswa
membentuk kelompok yang terdiri dari tiga orang
6.
Pengalaman siswa tentang gaya dan gerak
ditambah dengan meminta mereka memindahkan benda-benda di sekitar mereka.
Siswa bisa menjatuhkan, menggelindingkan, atau mendorong benda.
|
|
Mengolah
informasi
|
7.
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk bereksplorasi dan menuliskan hasilnya pada buku.
|
|
Mengomunikasikan
|
8.
Masing-masing kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas
9. Dengan bimbingan
guru, kemudian siswa membuat kesimpulan tentang hubungan gaya dan gerak.
|
|
Mengumpulkan
informasi
|
10.
Siswa melakukan permainan lompat kelinci.
Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan pehamanan siswa tentang konsep
dasar dari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK).
|
|
Mengolah
informasi
|
11.
Siswa mengerjakan soal yang ada pada
buku dan saling bertukar jawaban dengan teman kelompoknya.
|
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
12. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan kegiatan belajar hari ini
13. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk mengidentifikasi
jenis-jenis gaya
|
5 menit
|
H. Penilaian
1.
Lembar kerja matematika dinilai dengan angka
2.
Daftar periksa IPA
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Siswa dapat
menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kursi ditarik dan didorong
|
|
|
Siswa dapat
menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kertas diremas
|
|
|
3.
Daftar periksa bahasa Indonesia
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Dalam cerita
yang dibuat sudah memuat jenis benda-benda yang aku pilih
|
|
|
Dalam cerita
yang dibuat sudah memuat cara bagaimana aku menggerakkan benda-benda yang aku
pilih
|
|
|
Catatan :
Refleksi
a. Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
....................................................................................................................................................................................
b. Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
....................................................................................................................................................................................
c. Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
....................................................................................................................................................................................
d. Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
....................................................................................................................................................................................
Remedial
Tuliskan bilangan-bilangan yang
merupakan kelipatan 2, kelipatan 3, dan sampai kelipatan 6.
Pengayaan
Siswa mengamati berbagai gerak yang
terjadi di sekitar sekolah. Mereka bisa membuat daftar gerak benda disebabkan
oleh makhluk hidup dan gerak benda yang disebabkan oleh benda yang lain,
misalnya angin.
Indralaya,
18 Agustus 2014
Dosen Pembimbing Peer
Teaching Simulator
Drs. Laihat, M.Pd. Desy
Aryanti
NIP. 196102101988031003 NIM
06111013042
MATURNUWUN
BalasHapus