Jumat, 29 Agustus 2014

RPP TEMATIK KELAS IV SUBTEMA GAYA DAN GERAK



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MARGOREJO
                                           
Satuan Pendidikan        : SD N 2 Margorejo
Kelas/ Semester           : IV/ I
Tema/ Subtema            : 2. Selalu Berhemat Energi/ 3. Gaya dan Gerak
Alokasi Waktu             : 1 x pertemuan (1 JP x 30 menit)
 

A.     Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Ilmu Pengetahuan Alam
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui pengamatan, serta mendeskripsikan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Menyajikan laporan hasil percobaan gaya dan gerak menggunakan tabel dan grafik
Indikator
·        Menjelaskan tentang hubungan antara gaya dan gerak setelah melakukan percobaan.

Matematika
Kompetensi Dasar
3.5 Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain, serta memeriksa kebenarannya
Indikator
·        Menjelaskan konsep yang berhubungan dengan KPK

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya, dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
·        Menceritakan pengalaman mengenai gaya dan gerak dengan menggunakan kosakata baku

C.     Tujuan Pembelajaran
·        Dengan kegiatan eksplorasi menggerakkan benda-benda di sekitar sekolah, siswa mampu mengidentifikasi pengaruh gaya terhadap gerak dengan tepat.
·        Dengan kegiatan eksplorasi, siswa mampu menjelaskan konsep KPK dengan benar.
·        Dalam tulisan yang dibuatnya, siswa mampu menceritakan pengalamannya mengenai gaya dan gerak dengan menggunakan kosakata baku.

D.    Materi Pembelajaran
a.       Gaya dan Gerak Benda
b.      Konsep KPK

E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran
a.       Pendekatan      : Scientific
b.      Metode           : Ceramah, penugasan, diskusi dan demonstrasi

F.      Media, Alat dan Sumber Belajar
Media dan Alat
a.       Benda-benda di lingkungan kelas dan di sekolah.
b.      Alat tulis
c.       Laptop
d.      Infocus
e.       Buku siswa

Sumber Belajar   
·        Buku guru Kurikulum 2013 kelas IV halaman 97-100
·        Buku siswa Kurikulum 2013 kelas IV halaman 70-75


G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN
1. Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam “Assalammu’alaikum Wr.Wb.” dan menanyakan kabar siswa “Apa kabar anak-anak?”, serta mengondisikan kelas (memeriksa kehadiran siswa, merapikan tempat duduk, mengecek kerapihan siswa dan kebersihan kelas.)
 2. Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
     Menyanyikan lagu “Ada Sepeda”
      Kring kring kring ada sepeda
Sepedaku roda dua
      Kudapat dari ayah
      Karena rajin bekerja
      Menanyakan kepada siswa “siapa yang berangkat ke sekolah naik sepeda?”, “kenapa roda sepeda bisa bergerak?”.
 3. Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menjelaskan kegiatan hari ini yang akan mereka lakukan adalah praktik berbagai gaya dan gerak, tujuan yang akan dicapai adalah mengetahui hubungan gaya dan gerak serta menjelaskan konsep KPK.

5 menit

KEGIATAN INTI
Mengumpulkan informasi

1.      Guru mengajak siswa untuk membuka dan menutup pintu, mendorong, dan menarik meja, serta meremas selembar kertas, seperti yang diilustrasikan pada buku.
2.      Guru mengusahakan agar seluruh siswa mendapat kesempatan melakukan kegiatan.


20 menit
Menanya
3.      Siswa menjawab pertanyaan di buku dan mereka diminta untuk mendiskusikan jawabannya dengan teman sebelahnya.
4.      Guru memberikan penguatan terhadap jawaban siswa.

Mengolah informasi
5.       Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari tiga orang
6.      Pengalaman siswa tentang gaya dan gerak ditambah dengan meminta mereka memindahkan benda-benda di sekitar mereka. Siswa bisa menjatuhkan, menggelindingkan, atau mendorong benda.

Mengolah informasi
7.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi dan menuliskan hasilnya pada buku.

Mengomunikasikan
8.      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
9.    Dengan bimbingan guru, kemudian siswa membuat kesimpulan tentang hubungan gaya dan gerak.



Mengumpulkan informasi
10.   Siswa melakukan permainan lompat kelinci. Permainan ini bertujuan untuk meningkatkan pehamanan siswa tentang konsep dasar dari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK).

Mengolah informasi
11.  Siswa mengerjakan soal yang ada pada buku dan saling bertukar jawaban dengan teman kelompoknya.

KEGIATAN PENUTUP
12. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan kegiatan belajar hari ini
13. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk mengidentifikasi jenis-jenis gaya
5 menit

H.    Penilaian
1.      Lembar kerja matematika dinilai dengan angka
2.      Daftar periksa IPA
Kriteria
Ya
Tidak
Siswa dapat menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kursi ditarik dan didorong


Siswa dapat menyebutkan jenis gaya yang terjadi saat kertas diremas



3.      Daftar periksa bahasa Indonesia
Kriteria
Ya
Tidak
Dalam cerita yang dibuat sudah memuat jenis benda-benda yang aku pilih


Dalam cerita yang dibuat sudah memuat cara bagaimana aku menggerakkan benda-benda yang aku pilih





Catatan :
Refleksi
a.       Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
....................................................................................................................................................................................
b.      Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
....................................................................................................................................................................................
c.       Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
....................................................................................................................................................................................
d.      Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
....................................................................................................................................................................................

Remedial
Tuliskan bilangan-bilangan yang merupakan kelipatan 2, kelipatan 3, dan sampai kelipatan 6.

Pengayaan
Siswa mengamati berbagai gerak yang terjadi di sekitar sekolah. Mereka bisa membuat daftar gerak benda disebabkan oleh makhluk hidup dan gerak benda yang disebabkan oleh benda yang lain, misalnya angin.



                                                                                    Indralaya, 18 Agustus 2014
Dosen Pembimbing Peer Teaching                                Simulator



Drs. Laihat, M.Pd.                                                        Desy Aryanti   
NIP. 196102101988031003                                        NIM 06111013042


1 komentar: